Yuk belajar menjual diri di internet

Hai, apa yang anda pikirkan ketika membaca judul posting ini? apakah mengandung arti yang sama dengan judul berita ini “gadis ABG menjual dirinya di facebook”. Tentu beda bukan? Menjual diri yang saya maksud ini mengandung arti yang positif yaitu bagaimana kita bisa menunjukan potensi, kemampuan dan keahlian yang kita miliki kepada orang lain, sehingga mereka mau memanfaatkan keahlian kita dan kita mendapatkan imbalan tertentu dari jasa tersebut. kok muter-muter ga jelas? yo wes intinya kita buat orang lain percaya bahwa kita memang ahli dalam bidang tertentu sehingga produk atau jasa kita diterima dengan baik.

Seperti posting saya sebelumnya, saatnya mengonlinekan bisnis offline, bahwa dunia online sudah sangat efektif untuk dijadikan pasar, maka seharusnya kita bisa menjual diri lewat internet.

Menentukan personal branding – katakan siapa kita. Sangat penting untuk memberitahu siapa sebenarnya kita, apakah kita memang ahli, apakah kita orang jujur, apakah kita bisa menunjukan bahwa kita bisa, dll, pokoknya tunjukan hal-hal positif yang kita miliki. Sehingga mereka akan tahu dan yakin bahwa kita bisa membantu mereka. Sebelum mereka melakukan transaksi, mereka pasti ingin tahu dengan siapa mereka berbisnis. Jadi pastikan bahwa cara kita membangun personal branding dapat membuat kita lebih menonjol dari yang lain.

Membangun branding – selanjutnya dengan cara apa kita membangun personal branding di internet? Kalau mau sukses di dunia online, kita perlu memiliki sebuah rumah online atau alamat online sehingga orang lain bisa mengetahui siapa kita, menemui kita dan menghubungi kita. Rumah online ini tidak lain dan tidak bukan adalah halaman website.

Ada banyak halaman website yang bisa kita buat sebagai virtual office.

– Website/blog pribadi:  Kita bisa menggunakan blog yang gratisan misalnya layanan dari blogspot.com atau wordpress.com , jika mau lebih profesional gunakan layanan berbayar dengan nama domaian misalnya namaanda.com

– Facebook :  Nah ini yang sudah tidak asing lagi, ada lebih dari 160 juta pengguna facebook tapi kebanyakan hanya untuk sekedar hiburan, cari teman dan menghabiskan waktu. Padahal sebenarnnya kita bisa manfaatkan makhluk ini secara maksimal untuk tujuan promosi branding dan bisnis.

– Twitter :  Hampir sama dengan facebook, gunakan twitter secara bijak, follower kita bisa jadi klien.

– Dan web media sosial lainya

Promosi halaman website/blog/profile – selanjutnya setelah memiliki rumah online, dalam hal ini alamat web/blog/profil FB, dll langkah selanjutnya adalah mempromosikanya. Promosi halaman web di internet tentu saja membutuhkan halaman web lain untuk mempromosikannya. Yang paling mudah dan gratis adalah pasang di web iklan baris gratis, tinggalkan komentar di blog-blog lain, tukar link, tukan banner, dan sarana promosi lainnya.

Intinya jika kita memiliki produk atau jasa yang bagus sekalipun dan sangat dibutuhkan orang, tapi kalau tidak ada yang mengetahui ya jadi tidak bermanfaat dan tidak menguntungkan.


One response to “Yuk belajar menjual diri di internet”

  1. […] mempromosikan bisnis di internet, menjual barang juga di internet dengan toko online, termasuk menjual diri dengan web atau blog.Jadi begini, saya ingin menunjukan bahwa sekarang itu penting mengembangkan […]

Leave a Reply