Susahnya Bisnis Online – Fokus, Fokus dan Fokus!

Ini cuma cerita tentang seorang desa yang mencoba mendapatkan rizki lewat dunia maya…

Waktu masih SMA, pernah bercita-cita menjadi seorang webmaster. Namun faktor ekonomi dan image bahwa ilmu webmaster sangatlah rumit dan memusingkan, akhirnya cita-cita itu terkubur oleh waktu.

Setelah 4 tahun menjadi seorang guru honorer di salah satu sekolah swasta, akhirnya dia banting setir. Salah satu pendorongnya adalah tertipu janji manis produk bisnis online yang dia beli lewat internet.

Kata bang Megi Z, terlanjur basah ya sudah mandi sekali….

Hari demi hari dilaluinya tidak di depan murid, tapi di depan laptop second murah, banyak sekali informasi bisnis online yang dia dapatkan, pada awalnya dia ingin fokus di google adsense, tutorial google adsense sudah dia beli, beberapa blog dengan konten luar sudah dibuat, sebagian blog bahkan pakai domain berbayar.

Nah, kegagalan (baca:kesuksesan yang tertunda) di adsense bermula dari sini…

Ceritanya dia harus biayai anak istri tercinta, bayar kredit motor, dll. Sementara akun adsense belum menghasilkan apa-apa, akhirnya sambil tetap mengelola blog adsense, dia membuka lapak jasa buat website murah, dari sini memang menghasilkan, tapi ibarat kuli, kerja dapat uang, ga kerja ya ga dapat uang. Dan pendapatan ini tidak maksimal karna keterbatasan dalam membuat website.

Dimotivasi oleh keinginan penghasilan instant yang lebih cepat dan mudah, dia tertarik bisnis investasi online lokal. Pada awalnya memang menghasilkan, tapi akhirnya modal investor digondol koruptor :(

Karna sudah terlanjur menikmati jenis bisnis “dapat profit tidak kerja” ini, dia mencoba HYIP, investasi luar negeri yang lebih besar profitnya tapi resikonya juga lebih besar lagi. Hati-hati dengan model bisnis ini, bisa membuat orang ketagihan, hampir seperti judi, pasang banyak siap kalah, invest besar siap ilang. Dananya tidak tahu diapakan, paling cuma diputar-puter saja antar member, jadinya money game. Jangan pernah ikut HYIP. Di bisnis ini, dia tidak juga sukses.

Intinya selama bertahun-tahun dia beralih dari satu model bisnis online ke model bisnis online lainya. Dan pastinya, tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Justru bagaikan tikus yang berlari-lari di roda, tidak pernah sampai ke tujuan.

TIDAK FOKUS, TIDAK FOKUS DAN TIDAK FOKUS, akhirnya sampai sekarang akun google adsensenya baru ada saldo sekitar $5. =))

Fokus dibutuhkan tidak hanya untuk bisnis online, tapi lebih-lebih bisnis online karna di dunia maya itu tidak ada batas teritorial dan ketidakjelasan norma hukum masyarakat online, sehingga anda akan sangat mudah tersesat dan kehilangan tujuan awalnya jika tidak fokus.

Artinya, bisnis di internet atau bisnis online, itu cakupanya luaaaaaaaaaaaaaas banget. Anda bisa berbisnis apa saja dinternet, anda bisa melihat apa saja di internet , dan anda sangat berpotensi tergoda oleh hal-hal yang ada di internet.

Contoh sangat sederhana yaitu seperti kisah di atas. Bejo sudah memutuskan untuk fokus cari duit di internet lewat google adsense. Dia browsing cari tema untuk bahan konten blognya. tapi di tengah hutan online Bejo melihat iklan yang sangat menggoda,yaitu bisnis investasi online, tinggal duduk, diam, setiap bulan uang mengalir ke rekeningnya. Dalam hatinya, ah mungkin ini peluang bagus, sayang kalau dilewatkan begitu saja. Siapa tau memang Tuhan membuka pintu rizkinya di jalan ini. Ya, setiap menjumpai peluang bisnis, dalam hatinya sudah tercipta suasana seperti itu.

Akhirnya dicoba tuh bisnis investasinya. Sayang nya tidak berjalan lancar malah justru di buat pusing, dalam kepusingan itu, dia melihat iklan lain, misalnya bisnis MLM, lalu dicoba, begitu seterusnya.

Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, melihat peluang bisnis ini, dia tertarik. Melihat peluang bisnis itu, dia juga tertarik, apalagi melihat cewek seksi :)

Ok, jadi apa sebenarnya yang Anda cari internet?

Jenis bisnis apa sebenarnya yang Anda benar-benar ingin sukses dengannya?

Selamat merenung dan mendapat petunjuk dariNya :)


Leave a Reply