Pesan Warning dari Facebook Verification Team – Benarkah?

Barusan saya dapat berkat kiriman aplikasi yang katanya dari team verifikasi facebook, isi pesanya seperti ini:

Warming : Announcement from Facebook Verification Team: All Profiles must be verified before 15th June 2012 to avoid Scams under SOPA and PIPA Act. The unverified accounts will be terminated. Verify your Account by steps below.
1. Login and Request for your Account

( Make sure you are the real owner of this account )

2. Invite your Friends to Spread the news around the world !

Langsung  saya ke TKP, hampir mau klik tombol verifikasi tapi hati saya bertanya kenapa harus pake aplikasi kalau mau verifikasi akun? Ini kan masalah privasi kok malah dishare ke aplikasi, apa facebook tidak punya cara lain yang lebih elegan?

Peringatanya saja “untuk mengindari scam di bawah RUU SOPA dan PIPA”, hehe apa hubungannya sama verifikasi akun?

Untuk menjawab kegalauan saya itu, akhirnya saya googling dan dapat info dari situs hoaxorfact.com bahwa aplikasi ini ternyata hoax atau scam, tidak benar-benar dari team Facebook. Berikut ini analisanya…

Peringatan ini mengatasnamakan Facebook dengan menggunakan aplikasi yang menunjukan langkah-langkah cara verifikasi

Langkah 1 : klik di sini untuk memverifikasi

Ketika diklik,¬† peringatan resmi Facebook muncul untuk menunjukkan aplikasi ini akan menerima informasi dasar, lokasi dan izin untuk memposting pada status/timeline Facebook Anda. Selanjutnya aplikasi meminta Anda untuk “Verifikasi Akun Dengan Mengajak Teman Anda”. Jika Anda membatalkan permintaan, pop up windows muncul berisi tulisan “Halaman di amazingvideoz.com mengatakan – Anda Harus Undang Teman Untuk Membuktikan bahwa Anda bukan bot/software.” Ini menunjukan bahwa aplikasi tersebut terkait dengan amazingvideoz.com

Langkah Terakhir : Verifikasi lengkap

Ketika diklik, Anda diarahkan ke halaman survei yang mengklaim bahwa Anda tidak akan menyelesaikan verifikasi sampai Anda menyelesaikan survei.

Kejanggalan lainnya yaitu ketika aplikasi meminta verifikasi usia, bila diklik mengarah ke situs lain seperti situs kencan. Bahkan saat menutup aplikasi, pesan muncul dari iklan pihak ketiga.

Kesimpulan, cara verifikasi seperti ini sama sekali bukan cara resmi Facebook. Itu hanya sebuah aplikasi facebook yang menyesatkan. Dimaksudkan untuk mengambil informasi pribadi Anda, memasarkan produk pada status/timeline facebook Anda, mempromosikan iklan, mengundang teman-teman Anda dan mendapatkan keuntungan dari survei gratis yang dilakukan Anda. Anda disarankan agar tidak mudah percaya pada setiap aplikasi yang menyesatkan.

Lalu bagaimana menurut analisa Anda…?


Leave a Reply