Pengalaman Buruk Akibat lupa Perpanjang Domain

Apa akibatnya jika kita lupa perpanjang domain? Jawabanya tergantung berapa lama lupa-nya. Kalau sampai berbulan bulan ya bisa hilang domainya. Telat beberapa hari saja bisa berakibat fatal di hasil pencarian google. Nah, ini yang terjadi pada domainku. Tanggal 18 Agustus kemaren sudah harus diperpanjang, kebetulan bertepatan dengan akhir romadhon dan menjelang hari raya Idul Fitri. Sehingga di hari-hari itu saya tidak online, tidak cek email ataupun buka website.

Tanggal 21 saya sempatkan online sejenak, apa yang terjadi saudara? tampilan websiteku berubah jadi halaman godaddy dan domainku itu tidak muncul di hasil pencarian google dengan semua kata kunci yang biasanya membuat webku nangkring di urutan pertama. Walaupun akhirnya saya perpanjang tapi google sudah terlanjur menilai webku bermasalah. Ternyata beliau mampir pada tanggal 19 Agustus, tepat satu hari setelah expired.

Aku pikir diindeks ulang, tapi di webmaster tool terlihat jelas semua URL posting dan page masih terindeks rapi. Sehingga aku biarin saja toh nanti google mampir lagi mengembalikan rangking webku, cukup memberitahukan google dengan submit  sitemap.

Seperti menghitung hari, aku pantau terus dari waktu ke waktu, tapi hasilnya nihil, tetap tidak nongol di google SERP. Melihat kondisi yang tidak membaik, saya disarankan oleh seorang blogger untuk mengirim rekonsiderasi dan memberitahukan ke google apa yang sebenarnya terjadi.

Ya udah aku coba saja dan satu hari setelah itu tepatnya tanggal 27 aku cek alhamdulillah sudah kembali seperti semula dan jumlah kunjungan berangsur-angsur seperti biasanya lagi setelah 10 hari hilang dari peredaran.

Ini belum bisa dipastikan apakah sebab mengirim rekonsidesari atau kah karna memang normal kembali dengan sendirinya. Walaupun tertulis bisa memakan waktu beberapa minggu tapi tidak menutup kemungkinan satu hari diproses dan dikembalikan seperti sedia kala.

Jadi jika anda mengalami permasalahan yang sama dengan saya ini, dan setelah melakukan usaha dhohir dan batin namun belum ada hasil maka tidak ada salahnya mengirim rekonsiderasi dan katakan pada google apa yang sebenarnya terjadi.


Leave a Reply