Saatnya Mengonlinekan Bisnis Offline

Manusia berinteraksi dengan media sesuai zamanya, termasuk interaksi untuk berbisnis. Dahulu manusia berbisnis sangat sederhana, mereka bertemu di suatu tempat atau dipasar untuk berjual beli. Bahkan bagi pedagang tertentu harus berjalan ratusan kilo meter untuk menjual daganganya.

Waktu saya kecil juga cara orang berbisnis masih sederhana, media pendekat jarak paling keren saat itu telepong, eh maksud saya telepon. Beberapa tahun lalu ketika web media sosial seperti FB dan Twitter belum lahir serta jaringan internet belum blusukan ke pelosok desa, masih belum banyak yang memanfaatkan internet untuk berbisnis. Tapi sekarang, sungguh teknologi internet telah mengubah gaya hidup dan cara masyarakat bekerja dan berbisnis.

Bertambah padatnya penduduk dunia online, tumbuhnya situs-situs jual beli online, mudahnya membuat website,  semakin murahnya jasa pembuatan website, dan mudahnya berinteraksi di situs-situs media social, ini yang menjadi dalang lahirnya revolusi bisnis online.

Saya pernah diminta membuatkan web untuk jualan combro – makanan khas jabar terbuat dari singkong.  Bayangkan combro saja dijual online!

Pernah juga mengiklankan mobil di internet alhamdulillah laku. Memang promosi online di jaman sekarang sudah terbukti efektif karna penduduk online sudah sangat banyak tidak seperti dulu.

Jadi, kalau anda punya bisnis offline misalnya jualan produk dan jasa, kenapa tidak dionlinekan?Anda bisa coba cara di bawah ini untuk mengonlinekan bisnis offline anda.

– Promosikan produk/jasa anda di situs-situs media social seperti Facebook.com , Twitter.com, dll.

– Join di situs-situs jual beli online seperti tokobagus.com , tokopedia.com , dinomarket.com , dll lalu promosikan produk/jasa anda di situ.

– Promosikan di situs-situs iklan baris gratis sebanyak-banyaknya.

– Jika ingin lebih profesional lagi, buat toko atau kantor virtual, yaitu sebuah website dengan brand anda. Tentu saja model dan fitur web ini macem-macem tergantung model usaha anda.

Ketika sudah terjun ke bisnis online, fokus selanjutnya adalah marketing atau promosi. Memang promosi yang sukses itu lebih sulit dari sekedar membuat website. Tapi sukses tidaknya promosi bukan hanya faktor seberapa terkenal produk anda, tapi seberapa banyak yang membutuhkannya.

Jadi sebelum mengonlinekan bisnis atau usaha offline , perlu analisa dulu kira-kira seberapa besar tingkat kebutuhan, permintaan atau demand akan produk dan jasa anda.

 

 


Leave a Reply