Membuat Slideshow Gambar Setiap Posting di Template WordPress

Saya mau berbagi cara menampilkan slide show gambar dari setiap halaman dan posting wordpress di tempat yang kita ingikan misalnya di bagian header.

Berawal dari proyek pembuatan web untuk fotografer asal Korea, yang mana dia menginginkan portofolio hasil jepretanya bisa ditampilkan dibagian header pada setiap halaman.

Kalau slide gambarnya sama untuk semua  halaman atau slide featured posting, itu sudah biasa, banyak juga plugin yang tinggal pake. Lha ini dia minta setiap halaman dan posting memuat foto slide yang berbeda dari masing-masing halaman tersebut, dengan foto yang besar dan ditempatkan di bagian header. Jadi setiap membuka halaman atau posting artikel, di bagian header akan tampil foto slide yang berbeda tergantung halaman tersebut, apa bisa dibayangkan :)

Butuh waktu dua hari untuk ngobok-obok internet dan tanya sama mbah dukun google, tapi alhamdulillah akhirnya saya dapat ilmunya dan di blog ini saya mau share.

Pertama, kita harus menentukan cara yang paling tepat dalam mengambil gambar yang terdapat di setiap posting. Kalau pake plugin Get image atau Timthumb, ini akan menjadi masalah. Karna akibatnya gambar yang terdapat di slide header akan sama dengan gambar yang ditampilkan di posting. Kurang efektif dan juga mengganggu pemandangan karna ada dua gambar yang sama. Jadi untuk mengatasi hal ini saya memanfaatkan featured image atau post_thumbnail dan memanggilnya dengan <?php the_post_thumbnail(); ?>

Namun sayangnya secara default wordpress hanya menyediakan satu featured image, ini tidak cukup. Jadi kita harus pasang plugin untuk menambah jumlah featured image. Plugin yang paling bagus untuk ini yaitu Multiple Post Thumbnails.

Setelah plugin tersebut diinstall dan diaktifkan, edit file function.php lalu sisipkan code di bawah ini

if (class_exists('MultiPostThumbnails')) {
$types = array('post', 'page', 'my_post_type');
foreach($types as $type) {
new MultiPostThumbnails(array(
'label' => 'Featured image 1',
'id' => 'featured-image-1',
'post_type' => $type
)
);
}
}

Copy lalu sisipkan lagi kode tersebut di bawahnya, ganti value ‘label’ dan ‘id’ nya menjadi ‘Featured image 2’ ‘featured-image-2’, ulangi langkah tersebut sampai Featured image 3, 4, 5, 6 dan seterusnya sampai jumlah yang anda inginkan.

Maka ketika anda membuat posting, di sebelah kanan editor akan tampil kotak set featured image seperti gambar di bawah ini

Langkah selanjutnya menampilkan gambar featured image tersebut di tempat yang kita inginkan, tapi maaf saya sudah ngantuk jadi mau saya sambung lagi pada posting saya berikutnya…


9 responses to “Membuat Slideshow Gambar Setiap Posting di Template WordPress”

  1. Reymon says:

    Nice Share Gan,
    da lama saya inginkan artikel ini.,.
    sukses terus

  2. suhud says:

    mantaps gan…….

  3. Dudunk says:

    infonya bermanfaat banget bos.. mksh 😀

  4. Hairi says:

    Alhamdulillah akhirxa nemu juga…
    and Sukses selalu buat MUHUTOMO.COM…

  5. mantap mas sudah lama sy cari2 artikel seperti ini eh malah akhirnya nemu disini tanks mas sukses selalu

  6. Jual <A href="http://bajurajutmu.com">Baju Rajut Murah</A> from bandung. Dapatkan update barang setiap hari.

  7. Sepatu Nike says:

    Wah keren banget nih… bisa langsung dipraktekin.
    Tak coba dulu gan

Leave a Reply