Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Oct 23, 2012 in Belajar Website, Internet Marketing, SEO | 4 comments

Mbah, kenapa web saya tidak tampil di google?

seo googleTulisan kali ini tentang SEO. SEO atau search engine optimasi adalah segala sesuatu atau segala upaya yang dilakukan agar sebuah website tampil di halaman pertama hasil pencarian sesuai dengan keyword yang dibidik. Misalnya ketika seseorang mencari informasi dengan memasukan keyword “topi” di mesin pencari Google, maka web anda akan tampil di halaman pertama.

Keyword yang paling bagus adalah keyword yang banyak dicari orang tapi sedikit yang membuat web dengan tema keyword tersebut. Dengan kata lain pencarinya banyak tapi persaingannya sedikit. Kalau anda menemukan dan membidik kata kunci yang seperti ini maka web anda akan tampil dengan peringkat yang baik di hasil pencarian google sekalipun tanpa melakukan optimasi khusus.

Sehingga menurut saya optimasi SEO perlu dilakukan setelah menyadari bahwa web anda tidak tampil dengan baik di hasil pencarian.

Pertanyaannya adalah kenapa website tidak tampil di hasil pencarian Google? Silahkan cek beberapa point di bawah ini:

Pastikan apakah web sudah terindeks

Untuk menentukan apakah web anda terindeks, hanyalah melakukan pencarian Google untuk URL web tersebut, misalnya web dengan URL http://www.google.com , maka masukan site:google.com di kotak pencarian lalu tekan tombol enter.

Jika web anda ditampilkan sebagai hasilnya di peringkat pertama, maka web anda sudah terindeks tanpa bermasalah.

Jika tidak muncul padahal sudah pernah terindeks, atau jika tampil tapi peringkatnya buruk, maka ini berarti google menganggap web anda melakukan spam atau melanggar Pedoman Webmaster, atau bisa juga web terkena hack dan malware. Jika anda menemukan masalah seperti ini  silahkan beritahukan melalui akun google webmaster atau kirim rekonsiderasi dan beritahu google apa yang sebenarnya terjadi.

Bagaimana jika web anda belum terindeks?

Jika web anda merupakan web yang baru lahir kemaren sore, silahkan submit URLnya di halaman ini http://www.google.com/webmasters/tools/submit-url ,  jika belum memiliki akun google webmaster, klik tombol SIGN UP untuk mendaftar. Setelah mendaftar silahkan submit dan tunggu apakah Google mau mengindeks atau menolaknya. Tapi ada cara sederhana agar web cepat terindeks , bahkan tidak perlu submit URL, saya sudah menulisnya dulu di posting ini agar cepat terindeks oleh goolge.

Pastikan Google dapat mengakses dan menjelajah web anda

Awas! jangan salah memilih hosting untuk web anda, salah satu faktor yang mempengaruhi rangking sebuah web di mesin pencari adalah hosting, kenapa? Karna search engine bot secara taratur akan mengunjungi web anda dan mengindeks link dan posting terbaru pada web tersebut. Jika bot gagal atau terlalu lama dalam mengcrawler karna server down dan tidak stabil, maka ini bukan hal yang baik bagi situs anda.

Cara mengeceknya silahkan login ke akun google webmaster , pilih menu Health/Kesehatan => Fetch as Google/Ambil sebagai Google

Pastikan Google dapat mengindeks situs Anda

Untuk mengindeks sebuah web Google memproses berbagai jenis konten seperti HTML, PDF, dan file Flash. Karna Google dan juga mesin pencari lainya merupakan search engine berbasis teks, maka Googlebot tidak dapat membaca teks dalam format gambar atau sebagian besar file rich media selain file Flash, atau halaman yang tersembunyi di balik JavaScript atau memerlukan sign-in. Jadi pastikan bahwa konten web anda berbasis teks dan dapat dibaca dan diakses dengan mudah oleh manusia dan oleh Googlebot.

Pastikan konten web anda unik, relevan, berguna dan bermanfaat

Nah, ini yang paling penting dan sekarang menjadi acuan bagi Google dalam merangking sebuah website.

Konten web yang relevan dengan apa yang dicari pengunjung dan berguna serta bermanfaat merupakan konten yang disukai baik oleh manusia maupun oleh mesin pencari, namun demikian kalau konten tersebut hasil jiplakan atau cuma copy paste dari website lain maka ini tidak menguntungkan dalam hal SEO, selain merugikan penulis asli juga merugikan anda sendiri. Jangan pikir Google tidak tahu mana artikel asli dan mana yang copy paste, Google punya kaca benggala dan baskom mak lampir, jadi kalau bisa buatlah konten yang unik, kalaupun copy paste sebaiknya diedit dengan bahasa dan gaya penulisan anda sendiri seperti yang pernah saya jelaskan pada postingan saya sebelumnya Artikel Unik – Cara Ampuh Datangkan Pengunjung Web.

4 Comments

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>