Cara paling sederhana menghasilkan uang dengan blog

Pertanyaan saya adalah apa motivasi anda membuat blog? Apakah cuma sebagai ganti buku diary, apakah sekedar berlatih menulis, apakah ingin mempublikasikan artikel yang bermanfaat, ataukah ingin menghasilkan uang dengan blog?

Saya banyak menjumpai blog yang sangat “bersih”. Bersih dari iklan, bersih dari kata-kata promosi, apalagi minta sumbangan. Yups, kalau diadakan kontes atau survey, menurut saya blog seperti ini yang disukai pengunjung. Tapi dari sisi pemilik blog, tidak akan memberi keuntungan finansial apapun. Maka dari itu, umumnya ketika pengunjung blog sudah banyak, blog sudah ramai pengunjung, pemilik blog mulai sadar atau tergiur untuk mengubahnya menjadi mesin pencetak uang.

Dari berbagai cara menghasilkan uang melalui blog, ada tiga yang paling sederhana.

Melalui iklan – ini yang saya maksud adalah, pemilik blog menyisipkan iklan apapun ke dalam space blog tersebut. Bisa iklan PPC misalnya dari google adsense, kumpulblogger, kliksaya, dan PPC lain, bisa juga iklan milik sendiri atau orang lain. Dengan kata lain, pemilik blog mendapatkan uang dari hasil pemajangan iklan tersebut.

Yang tidak kalah populer adalah melalui bisnis affiliasi/reseller. Ini cara paling sederhana dan paling mudah. Sebelumnya pemilik blog harus mengikuti program affiliasi dari berbagai macam bisnis di internet. Pilih produk yang bagus dan marketingnya juga bagus, bikin sedikit ulasan tentang produk tersebut, lalu taruh URL affiliasinya di posting blog, ketika pengunjung mengklik dan membeli produk, pemilik blog mendapatkan komisi. Dengan kata lain, pemilik blog mendapatkan uang dari hasil penjualan produk tersebut.

Cara sederhana yang paling sederhana adalah membuat space atau menu khusus untuk donasi. Ini ide sederhanan yang tidak akan berjalan di semua blog. Orang akan berfikir 1000 kali untuk memberikan donasi jika artikel blog anda tidak bermutu. Banyak blogger yang sudah merasakah manfaat dari donasi para penggemar dan pembaca blognya setelah pembaca blog menyadari bahwa artikel di blog tersebut sangat membantu dan sangat bermanfaat bagi mereka. Maka jika blog anda memiliki konten yang bagus, saya kira tidak memalukan untuk memasang banner donasi. Silahkan dicoba saja, anda bisa mengatakan kepada pengunjung blog “belikan saya secangkir kopi agar tetap semangat dalam membuat artikel yang bermanfaat”

Bagaimanapun cara anda mengelola blog untuk menghaslikan uang, sebaiknya tetap fokus pada isi blog atau artikel. Ketika anda membuat artikel yang bermanfaat, anda layak mendapat uang dari tulisan anda.

Salam,


3 responses to “Cara paling sederhana menghasilkan uang dengan blog”

  1. review yang menarik, kami juga memberikan yang terbaik untuk planing financial anda.

  2. kkyo says:

    ane ikutan affiliasi di jaya herbal. link affiliasi ane cuman ane sebarin di facebook. gampang euy, sekarang ane udah punya puluhan refferal dan beberapanya sudah membuat penghasilan buat ane. mantap

    http://agen.jaya-herbal.com/?id=kyoaja

    andai aja blog ane trafic nya tinggi, pasti refferal ane udah banyak dan penghasilan pasif ane juga jauh lebih banyak

  3. kumbin says:

    ok boz.
    hadir

Leave a Reply