Cara Mudah Atasi komentar spam – komentar spambot

Senang juga kan kalau posting kita dikomentari orang, tapi setelah dicek eh ternyata hantu yang ngasih komentar, haha…

Ya, hantu yang saya maksud adalah software spambot, software ini mengirim komentar pada posting blog secara otomatis, jadi situkang spam tidak perlu mengunjungi blog tersebut, dan tidak tahu postingnya tentang apa, makanya isi komentarnya itu jaka sembung bawa golok – ngga nyambung goblok. Tujuan kirim komentar ini untuk promosi website dan berburu backlink. Beberapa jasa SEO ditengarai ada yang pakai cara ini.

Kembali ke masalah spam, jadi bagaimana cara yang paling manjur untuk mengatasi komentar spam? Saya coba list di bawah ini beberapa cara yang perlu anda coba.

Mengaktifkan moderasi komentar – cara ini paling mudah tanpa perlu pasang plugin. Masuk ke menu Setting – Discussion, centang pada An administrator must always approve the comment

Before a comment appears

 

An administrator must always approve the comment

Dengan memoderasi komentar, kita dapat memilah dan memilih komentar mana yang kita anggap bukan spam, lalu menyetujui dan menampilkanya. Cuma ribet sekali kalau komentarnya banyak, seperti memilih jarum dalam jerami :)

Gunakan plugin captcha – cara kerja plugin ini memfilter atau sebagai satpam yang menjaga pintu masuk komentar. Jika yang ngasih komen orang maka dibiarkan masuk, jika bukan maka tidak bisa masuk. Plugin yang kerjaanya seperti ini, yaitu :

– Wp Recaptcha => http://wordpress.org/extend/plugins/wp-recaptcha

Plugin ini menggunakan captcha – kata atau kalimat random terdiri dari huruf dan atau angka yang harus diisi ketika ngirim komentar. Tapi banyak yang salah isi karna terkadang susah dibaca apalagi yang maaf penglihatanya sudah kabur kecuali lihat wanita cantik hehe, yang ahirnya mereka males dan urung ngasih komentar, cuma ini kayaknya kekuranganya. Tapi diyakini tokcer untuk ngatasi spambot, sejauh informasi yang saya tahu software ini belum bisa melangkahinya.

– Growmap Anti Spambot => http://wordpress.org/extend/plugins/growmap-anti-spambot-plugin

Plugin ini lebih simpel, sama seperti diatas tapi menggunakan checkbox, cukup mencentang saja tidak perlu melototin huruf dan angka. Atas pertimbangan ini plugin checkbox captcha bisa jadi pilihan yang tepat untuk dicoba.

Gunakan plugin Akismet – ketika install wordpress, plugin ini otomatis terinstal tinggal aktifkan saja. Cara kerja siAkismet ini menganalisa dan mendeteksi – dengan sistem dan algoritma yang ia miliki – apakah sebuah komentar harus masuk ke kotak spam atau ditampilkan ke kotak amal komentar.

Untuk menggunakan plugin ini kita harus memasukan kode Akismet APIĀ  di pengaturan plugin Akismet , untuk mendapakan kode nya silahkan meluncur ke Akismet.com => klik get started => pilih personal / gratis jika untuk blog pribadi daftar di situ lalu kode akan dikirim ke alamat email kita.

Pertanyaannya apakah analisa siAkismet ini pasti benar, apakah komentar yang seperti spam itu pasti spam. Bisa jadi yang ngasih komentar teman kita tapi malah diidentifikasi sebagai spam. Untuk mengatasi hal ini kita pasang plugin conditional captcha => http://wordpress.org/extend/plugins/wp-conditional-captcha/

Cara kerja plugin ini bekerja jika akismet mengatakan sebuah komentar adalah spam maka akan tampil halaman captcha yang harus diisi, jika memang si pengirim komentar adalah orang maka seharusnya bisa melawatinya jika software maka tidak bisa.

Jadi kesimpulanya gimana? silahkan pilih beberapa alternatif di atas, bisa juga keduanya yaitu pake plugin captcha atau akismet sekaligus mengaktifkan moderasi komentar, ini sistem pertahannya yang paling kokoh untuk menghadapi komentar spam yang semakin merajalela…

 


2 responses to “Cara Mudah Atasi komentar spam – komentar spambot”

  1. ayies says:

    tapi begini gan, saya kan newbie ni dalam blogging. iya sih ketika saya dapet komentar, rasanya senang sekali, tapi ternyata spam setelah saya teliti, untungnya belum banyak. apakah pengaruh dari komen yang spam tersebut???? terus kalu yang sudah saya aprove apa tidak apa-apa? mohon bantuanya gan.

    • Tom says:

      komentar spam itu macam2 bentuknya bro, intinya komentar yang tidak diharapkan, tidak berkaitan, tidak nyambung dengan pembicaraan dalam artikel/posting blog. kadang kala nyambung dan memang itu benar2 memgomentari artikel, tapi ujung2nya dia promosi dan ngasih link spam.

      pengaruh dari komen spam itu yg jelas bisa menurunkan kualitas blog sampean mas, baik kualitas di mata pengunjung blog maupun kualitas di mata google. terutama spam yang memuat banyak link spam di body komentar. kalau yg sudah diaprove bisa diedit agar tidak terlihat spam dan kalau ada linknya di hapus aja. penjelasan lebih lanjut bisa tanya sama mbah google :)

      oya, terima kasih kunjungannya…

Leave a Reply