Cara Menjual Produk Secara Online Yang Efektif

Anda mencari cara menjual produk secara online di internet? Mungkin artikel di bawah ini bisa membantu.

Di zaman modern seperti sekarang, kemajuan teknologi benar-benar telah mengubah cara hidup manusia, termasuk cara mereka menghabiskan waktu dan berbelanja. Belanja tidakĀ  harus panas-panasan, tidak harus macet-macetan, tidak harus antri dan berdesak-desakan. Dan tentunya tidak akan kecopetan :). Jika kita membutuhkan sesuatu yang ingin kita beli, maka cukup dengan beberapa klik saja, dan ini bisa kita lakukan bahkan ketika bangun tidur dengan rambut masih acak-acakan.

Dengan melihat perkembangan internet serta infrastrukturnya yang cukup pesat, maka tidak menutup kemungkinan pada suatu hari nanti ketika generasi yang saat ini masih anak-anak (yang sudah pandai berinternet) menjadi dewasa, mereka semua akan lebih memilih berbelanja online.

Berdasarkan data terbaru, pengguna internet di Indonesia mencapai 70.000.000 orang. Padahal mayoritas dari 70 juta orang tersebut mungkin generasi lama yang masih gaptek. Artinya, untuk menghadapi gelombang perubahan gaya belanja penduduk dunia dari offline ke online, maka jika kita ingin memanfaatkan kondisi itu, kita pun bisa mengambil keuntungan secara ekonomi dengan menjual produk secara online, hanya jika kita tahu cara menjual produk secara online yang efektif. Lalu bagaimana caranya?

Menggunakan blog pribadi anda, baik yang gratisan ataupun dengan domain berbayar.

Maksud dari menggunakan blog pribadi yaitu, selain anda menulis artikel atau hobi yang dituangkan di blog, buatlah posting tentang produk yang anda jual. Karna sifat blog yang dinamis dan melibatkan komunikasi dua arah, maka tingkat kepercayaan pengunjung blog terhadap anda akan lebih besar, apalagi kalau blog anda berisi artikel yang sangat bermanfaat yang menunjukan kualitas produk yang anda jual.

Membuat website toko online (website yang dirancang memang untuk toko online).

Alternatif berikutnya yaitu dengan membuat toko online yang memang dirancang sebagai etalase semua produk yang anda jual. Ini cocok jika anda menjual banyak produk, atau anda sudah memiliki toko offline yang ingin di onlinekan. Dengan membuat toko online pengunjung bisa dengan mudah melihat katalog semua produk yang anda jual beserta harganya, dan tentu saja menerima pembelian secara online yang didukung dengan sistem keranjang belanja.

Membuat toko online ini ada banyak sekali caranya, mulai dari yang gratisan sampai yang memerlukan budget mahal. Dan sekarang ini sudah banyak tersedia layanan atau jasa pembuatan toko online gratis, misalnya layanan toko online pasarmanis.com, yaitu sebuah website yang menyediakan pembuatan toko online secara cepat, mudah dan gratis. Yang juga menyediakan pilihan upgrade toko dengan kapasitas dan fitur yang lebih banyak. Silahkan kalau mau dicoba, silahkan klik jasa pembuatan toko online gratis.

Berjualan di Mall Online, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Mall online yaitu sebuah website dimana banyak sekali penjual yang menawarkan dagangannya di web tersebut, persis seperti mall offline yang menyatukan banyak penjual dengan produk yang dipajang dicounternya masing-masing. Kelebihan dari mall online yaitu anda tidak harus mempromosikannya karna pengelola mall tersebut yang akan mempromosikannya, namun bukan mempromosikan produk anda melainkan kategori produk yang ada di mall online tersebut.

Kelemahan mall online yaitu anda harus bersaing dengan penjual lain yang menjual produk serupa dalam satu website. Banyak sekali produk yang sama dijual di mall online dengan penjual dan harga yang berbeda. Bisa saja pembeli akan memilih yang harganya paling murah dan ternyata itu bukan produk yang anda jual. Kelemahan lainnya mungkin kalau dipromosikan sendiri berarti sama saja dengan memprosikan produk orang lain. Contoh mall online yang sudah cukup terkenal yaitu bukalapak.com dan tokopedia.com, silahkan kalau mau mencobanya.

Berjualan atau memajang produk di situs iklan online dan media sosial.

Sebenarnya hampir sama dengan point-point di atas, cuma media yang dipakai adalah situs iklan dan situs media sosial seperti facebook, twitter, dll. Artinya yang biasanya anda pakai untuk update status, ubahlah untuk menjual produk lalu share ke teman-teman anda.

Dari keempat point di atas, intinya yaitu promosi online karna ruh dari sebuah bisnis adalah promosi. Sekarang tinggal bagaimana cara promosi website yang efektif?

Beberapa waktu yang lalu saya membuat posting berbagai cara promosi web yang terbukti efektif, silahkan dicek apakah masih relevan untuk dipraktekan saat ini.


Leave a Reply