Badanku Hancur Gara-gara Internet Marketing

Sebelum menjadi penduduk dunia maya, ketika makhluk bernama internet masih sangat sedikit yang “blusukan” ke desa, aktifitas saya sehari hari melibatkan seluruh anggota tubuh terutama mulut, kaki dan tangan untuk mencari rizki. Ya ketika itu saya mengajar bahasa inggris di smp sebagai guru luar negeri (maksudnya bukan pegawai negeri). Bekerja dari pagi sampai siang, menyisakan cukup waktu untuk beristirahat dan olahraga, walau pendapatan sebulan hanya cukup buat makan tapi saya merasa sehat jasmani dan rohani.

Setelah banting setir memilih jalan rizki lewat pintu yang lain, sehari-hari saya di depan komputer terus menerus hingga lupa beraktifitas offline ataupun berolahraga. Bahkan makan saja di depan layar monitor sambil mempraktekan ilmu baru untuk menghasilkan uang lewat internet. Justru bukan uang yang saya dapat tapi kesehatan yang menurun. Pekerjaan yang menguras otak (mikir terus menerus caranya menghasilkan uang di internet) sementara tidak dimbangi dengan aktifitas fisik. Akibatnya mudah sakit, badan pegal dan susah tidur.

Dari pengalaman itu saya sadar dan bahkan merasakan ada efek negatif dari seringnya bekerja di depan komputer, apalagi yang terdapat sinyal WIFI nya. Sehingga harus ada penyeimbang untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Sederhana saja dan ini yang saya lakukan yaitu jalan-jalan kecil setiap 2 jam misal keliling rumah sebentar, perbanyak minum air putih, konsumsi rutin kurma nabi dan madu murni = insyaAllah tokcer!


2 responses to “Badanku Hancur Gara-gara Internet Marketing”

  1. Bahar Nd says:

    Hmmmm pengalaman ku sama…
    Semoga di tahun depan, saya bisa mengatur waktu lebih baik.
    Terimakasih informasinya.

    Salam kenal

  2. Tom says:

    terima kasih mas, salam kenal juga dan semoga di tahun ini tambah sukses…

Leave a Reply