Artikel Unik – Cara Ampuh Datangkan Pengunjung Web

Semenjak google mengubah algoritma rankingnya, banyak sekali website dan blog yang hilang dari SERP atau diindeks ulang, seperti yang terjadi pada web saya yang nangkring di halaman pertama google sejak tahun 2009, hingga akhirnya hilang entah dimana rimbanya. Dulu web dengan banyak backlink akan menempati posisi yang terhormat di google, tapi sekarang backlink yang terlalu banyak akan dianggap spam. Memang sebagus apapun teknik algoritma yang dipakai ada celah yang bisa dimanipulasi, contohnya jual beli backlink, jual beli blog review, auto generate content, auto search content, dll. Sehingga website yang kurang relevan atau kurang bermutu, bisa menempati ranking yang lebih baik daripada web yang benar-benar berkualitas yang diharapkan oleh pencari.

Jadi wajar  kalau ada perbaikan sistem, rumus cintanya semakin banyak yang menyukai maka akan semakin jual mahal dan selektif, ini bukti bahwa google tetap berkomitmen ingin menjadi mesin pencari yang berkualitas untuk menampilkan hasil yang paling relevan.

Dari berbagai faktor penentu ranking, senjata paling ampuh yang sulit dimanipulasi adalah artikel unik (asli bukan bajakan, bukan copy paste, orisinil, berbeda dari yang lain), sangat lebih baik lagi yaitu unik dan berkualitas.  Sampai muncul istilah “content is a king”. Setiap blogger sejati pasti tahu, menulis artikel unik merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan  pengunjung ke websitenya. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak kunjungan ke web Anda maka menulislah artikel yang unik.

Artikel unik itu ibarat pintu yang menuju website. Jika Anda memposting 100 artikel, maka web Anda mempunyai 100 pintu,  jika satu pintu dilalui 10 orang perhari maka kunjungan ke web Anda 1000 orang perhari.  Dengan kata lain, setiap artikel berpotensi mendatangkan pengunjung, semakin banyak artikel yang diposting maka semakin besar potensi kunjungannya. Ingat, saya sedang berbicara tentang artikel unik. Artikel bajakan alias copy paste tidak akan berpengaruh banyak pada kunjungan web.

Cara Menulis Artikel Unik

Jadi kita sepakat ya tentang pentingnya menulis artikel yang unik? Kalau begitu mari kita belajar bagaimana menulis artikel menjadi lebih unik. Sekarang internet sudah masuk ke rumah setiap warga, artinya sudah ada ribuan atau bahkan jutaan blogger yang mungkin menulis tema yang sama dengan artikel yang akan kita tulis, itu pasti.  Jadi apa yang bisa kita lakukan untuk bersaing dalam kompetisi tidak lain adalah menjadikan artikel itu lebih unik dari yang lain.

Tuhan telah menciptakan milyaran manusia dengan rupa dan karakter yang unik satu sama lainnya. Begitu juga dengan gaya bicara, menulis dan mengungkapkan sesuatu. Beda otak maka beda isinya bro!. Jadi walaupun topiknya sama, isi artikel bisa berbeda satu sama lainya. Dengan kata lain, kalau kita menulis artikel hasil dari buah pikir kita sendiri, artikel itu akan menjadi unik secara alamiah.

Tapi kita perlu mengecek blog-blog lain yang menulis dengan tema yang sama, tujuanya untuk membuat artikel kita lebih unik dan sempurna. Apa yang tidak ditulis tentang tema itu, apa yang kurang dari artikel itu, bagaimana cara penyampainya, dan faktor lain. Ini akan menjadi bahan pertimbangan yang bisa menguntungkan.

Judul juga penting untuk dipertimbangkan. Sebelum memutuskan judul artikel, cek dulu di situs mesin pencari dan situs penyedia keyword tool misalnya https://adwords.google.com/o/KeywordTool  , apakah judul tersebut ada yang mencari, bagaimana tingkat persaingan dan tingkat pencarianya.

Akhir kata, jika posting atau artikel Anda berbeda dari yang lain dan berkualitas serta bermanfaat maka search engine dan pengunjung akan menyukai web Anda.


3 responses to “Artikel Unik – Cara Ampuh Datangkan Pengunjung Web”

  1. topikyg sangat menarik… Thank’s

  2. Tulisannya bagus, mas. Hanya saja saya masih bingung dalam penerapannya. Terima kasih

    • Tom says:

      sama mba, saya juga masih sering bingung waktu nulis artikel, tapi saya biarkan saja jari jemariku bergoyang tak karuan di atas keyboard, kalau dipikir terus dan ga dilakukan karna bingung ya kapan nulisnya:) nanti malah ga selesai-selesai.
      btw, makasih ya kunjungan dan komentarnya…

Leave a Reply