Apa yang anda pertimbangkan ketika membeli domain?

Tidak hanya harga BBM dan sembako, harga domain juga mengalami kenaikan bro, apalagi ketika rupiah melemah maka akan tambah naik lagi, akhirnya naik…naik…ke puncak…gunung….hehe…

Harga domain [dot]com saat ini di situs-situs bule berkisar antara $9 – $14, dengan harga rata-rata $10 – $11. Kalau dirupiahkan maka sekitar Rp. 110.000 – 130.000.

Jadi kalau ada yang jual 100rb sebenarnya tidak untung atau bahkan rugi, tapi biasanya mengambil keuntungan dari produk lain, jadi istilahnya subsidi silang. Tidak mengapa jual domain tidak untung asal bisa menarik banyak pelanggan yang beli hostingnya. Ini teknik marketing juga.

Itu pertimbangan dari sisi penjual domain. Nah, bagaimana dengan pelanggan? apa yang mereka pertimbangkan saat membeli domain? Pertimbangan untuk membeli domain adalah selain faktor harga murah, kita juga harus menimbang faktor seperti layanan, kontrol pada domain, dan fitur domain tersebut.

Anda memang bisa membeli domain dengan harga murah. Kelebihannya yaitu harganya murah, tapi tidak menutup kemungkinan justru ada kekurangan yang cukup mengecewakan seperti misalnya, tidak mendapatkan hak kontrol penuh, tidak boleh ditrasfer ke registrar lain, biaya perpanjangan yang lebih mahal, dll.

Di luar negeri ada registrar domain yang cukup terkenal, dengan juataan pelanggan dari seluruh dunia. Yang paling menarik dari registrar ini yaitu dengan adanya promo kode, jadi calon pembeli beramai-ramai mencari promo kode agar harga domain menjadi lebih murah. Sekedar sharing saja, dulu waktu saya beli domain di registrar tersebut menggunakan promo kode sehingga harga domain yang normalnya saat itu $11 dipotong jadi $7. Tapi betapa kagetnya saya ketika harus perpanjang maka harganya menjadi $14 , dengan kurs rupiah $1 = 12000 = 168.000. Padahal ada 3 -4 domain yang harus diperpanjang, kapok saya :)

Pertimbangan dalam membeli domain yang menurut saya perlu diperhatikan yaitu:

– Harga yang wajar , dalam arti tidak terlalu murah tidak terlalu mahal. Di atas sudah saya sebutkan rata-rata harga normalnya.

– Full kontrol panel, sebagai pemilik sah domain maka berhak atas kendali penuh domain itu, mau  ditransfer kek, mau dibuang kek, mau diapakan saja pokoknya bisa.

– Fitur tambahan, seperti gratis whois proteksi, gratis email hosting, dll.

– Layanan dari registrar atau reseller yang ramah dan bersahabat.

Oya, kalau mau beli domain + hosting di lapak saya juga bisa, silahkan cek di domain dan hosting murah. Free email hosting, email forwarding, full control, optional whois protection.

Nah demikianlah beberapa pertimbangan ketika membeli domain, akhirnya kembali ke pertanyaan awal apa yang anda pertimbangkan ketika membeli domain?


Leave a Reply