Anda pemilik web blog WordPress? Demi keamanan wajib pakai plugin ini

Ini posting lama yang saya pindah ke sini….

Saya tidak habis pikir kenapa web jasa buat website saya yang selama ini nangkring di halaman pertama google tiba-tiba hilang begitu saja, walaupun kalau di cek tetap terindex tapi tidak tampil di hasil pencarian sama sekali. Ibarat pepatah mengatakan “sudah jatuh tertimpa tangga pula”. Belum hilang kesedihan saya, eh ditambah lagi web saya itu bolak balik dihack orang. Waktu itu saya tidak begitu memperdulikanya, karna banyak web lain yang harus dikelola, paling cuma saya kembalikan seperti semula, tanpa berusaha membuat “tralis baja” atau “menyewa satpam” untuk mengamankan web itu.

Tapi lama-lama geregetan juga, apa sih maunya hacker itu? Sampai akhirnya saya coba beberapa plugin pengaman. Dan setelah pasang plugin ini WordPress Firewall 2 web saya tidak diobrak-abrik lagi. Ada juga beberapa plugin lain yang mungkin perlu anda coba dan bandingkan, All In One WP Security, OSE Firewall.

Selama ini saya tidak paham dengan detail kelemahan-kelamahan wordpress yang bisa dijebol hacker karna saya bukan hacker dan tidak ingin tahu, walau sebenarnya kalau tahu akan lebih baik jadi bisa mengantisipasi dan memperbaiki kelemahan tersebut.

Tapi karna waktu yang tersita banyak, jadi cukup pakai plugin ini saja, ketika ada makhluk tidak tahu diri ingin masuk ke rumah kita, paling tidak sudah ada penjaganya.

Yang menarik di plugin ini yaitu adanya pemberitahuan atau laporan yang terkirim ke alamat email kalau ada yang berusaha ngehack.

Cara hacknya macam-macam, bisa lewat file dalam template, plugin, post comment, dll.

Ini contoh peringatan kalau ada maling yang berusaha masuk web kita

Plugin ini cukup sensitif, kalau anda edit template, plugin lewat editor dasbor maka tidak mau disave. Jadi solusinya bisa edit langsung di cPanel atau nonaktifkan dulu plugin tersebut ketika mau mengedit file.

Baiklah, selamat mencoba…


Leave a Reply